Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Jumat, 07 November 2014

Pengertian, Sejarah, dan Asal Usul Bola Voli

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bola voli (volleyball) adalah salah satu jenis olahraga bola yang dimainkan dengan melambungkan bola secara bolak-balik di atas net dengan tujuan agar bola dapat jatuh di petak permainan lawan. Agar dapat jatuh di petak permainan lawan, bola voly dilambungkan kemudian dipukul sehingga sedapat mungkin jatuh ke permukaan daerah kekuasaan lawan.

Permainan bola voli mulai dikenal di Indonesia sejak 1878 namun sejarah dan asal-usulnya sebetulnya dimulai dari jangka waktu yang lebih lama. Nah berikut ini adalah sejarah dan asal usul permainan bola voli hingga perkembangannya pada masa kini.

Pengertian, Sejarah, dan Asal Usul Bola Voli

Asal-usul Bola Voli

Asal usul permainan bola voli pertamakali dimulai saat seorang pembina olahraga asal Amerika Serikat, yakni William G. Morgan di tahun 1985 memperkenalkan sebuah permainan bola yang dia ciptakan sendiri. Permainan bola yang dikenal dengan istilah Minonette ini, dari sisi peraturan permainan, secara umum hampir sama dengan permainan bulu tangkis yang memang sudah berkembang lebih awal pada masa itu. Oleh Morgan, permainan yang pada tahun 1890 dirubah nama menjadi bola voli ini dikembangkan untuk melatih jasmani para buruh yang sudah bosan dengan teknik-teknik senam.

Pengertian, Sejarah, dan Asal Usul Bola Voli

Permainan bola voli berkembang dengan pesat di tahun 1918, menyebar ke seluruh dunia dan mulai dipertandingkan dalam turnamen-turnamen olahraga. Dan di Indonesia sendiri voli masuk menjadi cabang resmi dalam PON ke I di Yogyakarta pada tahun 1951. Mulai dari itu, bola voli mendapat perhatian serius dari pemerintah. Dibentuklah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada tahun 1877 dan perserikatan itu menjadi tampuk perkembangan bola voli tanah air.

Permainan bola voli saat ini telah berkembang dan dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Para pemuda-pemudi bergotong royong membangun lapangan voli dikampungnya masing-masing dan memainkannya saat sore hari. alasan terkuat mengapa permainan bola voli bisa sangat terkenal adalah tak lain karena ia adalah salah satu permainan yang murah meriah.

Demikianlah asal-usul bola voli, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga tulisan kami mengenai asal-usul sepak bola ya.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Pengertian, Sejarah, dan Asal Usul Bola Voli