Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Senin, 16 November 2015

4 Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pusaka Semar - Semar adalah salah satu tokoh dalam mitologi kejawen yang digambarkan sebagai bapak kehidupan. Semar menjadi perlambang tentang pelajaran hidup bagi semua umat manusia melalui beberapa filosofi yang dimilikinya. Sebagai pembimbing, semar juga diyakini memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa. Hubungannya yang langsung bersentuhan dengan manunggaling kawula lan gusti membuat sosok ini dipandang mempunyai kesaktian magis yang begitu dahsyat.

Pusaka Semar

Kesaktian magis yang dimiliki sosok semar telah membuat banyak orang kagum hingga menjadikan semar sebagai simbol jati diri dan kepribadian masyarakat Jawa yang asli. Dalam perkembangannya, sosok semar yang lahir bahkan sebelum masuknya Hindu Budha ke Indonesia ini juga diwujudkan dalam banyak mitos dan mitologis. Salah satu contoh yang saat ini berkembang misalnya tentang keberadaan beberapa pusaka semar yang tercecer dan menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Apa saja pusaka semar tersebut?

1. Pusaka Keris Semar Mesem

Pusaka peninggalan semar yang pertama adalah pusaka keris semar mesem. Pusaka ini dianggap sebagai satu benda bertuah yang dapat digunakan untuk sarana pengasihan dan pelet. Bentuk keris ini tak seperti keris pada umumnya. Ia lebih pendek dan melebar. Adapun banyak orang yang percaya jika benda satu ini memiliki banyak sekali kegunaan. Kegunaan keris semar mesem tersebut selain sebagai sarana pengasihan dan pelet, juga diyakini bisa digunakan sebagai pengangkat kewibawaan, penglaris dalam berdagang, serta sebagai pembuka aura dan kharisma. Berikut adalah gambar keris semar mesem untuk Anda teliti keunikannya.

Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning
Sumber gambar : www.gudangbertuah.blogspot.com

2. Pusaka Keris Semar Kuning

Pusaka semar kuning merupakan sebuah keris yang terbuat dari bahan tembaga atau kuningan yang berwujud menyerupai sosok semar yang tengah memberi wejangan. Sama seperti keris semar mesem, pusaka keris semar kuning juga biasa digunakan sebagai sarana pengasihan dan pelet. Akan tetapi, pusaka satu ini sudah banyak sekali tiruannya. Ada harus berhati-hati dan mengetahui ciri-ciri keris semar kuning asli agar tidak terjebak dengan membeli keris palsu yang tidak memiliki kegunaan sama sekali.

Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning
Sumber gambar : keyshafadil.blogspot.com

3. Pusaka Keris Semar Kuncung

Pusaka semar kuncung juga merupakan pusaka yang berwujud keris. Yang membedakan keris pusaka ini dengan jenis keris semar lainnya terletak pada kuncung rambut semar yang terletak di ujung keris. Seperti halnya keris semar lainnya, keris semar kuncung juga digunakan sebagai media dalam ilmu pengasihan dan pelet. Semar kuncung kadang kali juga dapat digunakan sebagai sarana pengobatan untuk beragam penyakit yang disebabkan oleh ilmu santet atau tenung.

Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning
Sumber gambar : mistikjawa.com

4. Pusaka Semar Lungguh

Pusaka semar lungguh adalah sebuah benda pusaka yang terbuat dari keramik atau logam yang berwujud seperti sosok semar yang tengah duduk bersemedi. Keberadaan pusaka semar lungguh saat ini sangatlah langka. Banyak orang mencari dan bersedia membayar dengan harga tinggi untuk sebuah pusaka ini, mengingat pusaka semar lungguh memang diyakini memiliki banyak sekali kegunaan misalnya sebagai sarana untuk membuka aura personal,  meningkatkan kualias diri supaya selalu berada dalam koridor kebaikan, memberikan ketentraman rohani dan ketenangan batin, serta sebagai sarana untuk membuat pasangan lebih setia. Berikut ini gambar atau penampakan dari pusaka semar yang satu ini.

Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning
Sumber gambar : www.mustikasakralspiritual.com

Nah, demikianlah 4 keris pusaka semar yang ada dalam kepercayaan masyarakat Kejawen. Kepercayaan ini hingga kini masih terus berkembang dan memberikan bukti. Akan tetapi terkait dengan kegunaan dan khasiat dari masing-masing keris tersebut, sebagai pembaca Anda boleh pula untuk tidak mempercayainya.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 4 Keris Pusaka Semar : Mesem, Kuncung, Lungguh, dan Kuning