Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Selasa, 01 Desember 2015

Gunung Tertinggi di Jawa ? Inilah Keterangan dan Gambarnya Lengkap!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dilewati oleh sirkum mediterania. Letaknya yang ada di zona konvergen (pertemuan antara lempeng Eurasia dan lempeng IndoAustralia) membuat pulau ini dilengkapi dengan banyak sekali gunung berapi aktif yang menjulang tinggi. Tercatat ada sekitar 49 gunung yang ada di pulau Jawa dengan Gunung Semeru menjadi yang tertinggi. Cukup menakjubkan bukan? Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan paparkan daftar gunung tertinggi di Jawa dilengkapi ketinggian dan gambarnya lengkap.

Gunung Tertinggi di Jawa

Berikut ini daftar 10 gunung tertinggi di Jawa beserta gambar dan ketinggiannya lengkap mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Gunung Tertinggi di Jawa

1. Gunung Semeru

Dengan puncak Mahamerunya yang mencapai tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Secara administartif, gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Gunung semeru juga menjadi gunung berapi ke-3 tertinggi di Nusantara, setelah Kerinci di Sumatera Barat dan Gunung Rinjani di NTB.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menempati posisi ke-2. Dengan tingginya yang mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah. Secara administratif, wilayah gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang.

Gunung Tertinggi di Jawa

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang tingginya mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut. Terletak di tiga kabupaten, yaitu Temanggung, Magelang, dan Wonosobo, gunung yang dijuluki sebagai Kledung Pass ini juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa. Tak diketahui secara pasti, kapan terakhir Gunung Sumbing ini meletus, namun kini di puncaknya masih terdapat sebuah kawah yang aktif.

Gunung Tertinggi di Jawa

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung api bertipe Strato yang tingginya mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di cakupan pengelolaan Taman Nasional Hutan Raya Raden Soerjo. Ia menempati urutan keempat dalam daftar gunung tertinggi di Jawa dan urutan kedua dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Timur.

Gunung Tertinggi di Jawa

5. Gunung Raung

Gunung Raung adalah gunung berapi yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember. Dengan tingginya yang mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa dan menjadi puncak tertinggi di hamparan kawasan pegunungan Ijen.

Gunung Tertinggi di Jawa

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tingginya yang mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut, membuat gunung ini juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terakhir meletus pada November 1885, gunung ini telah lama menjadi gunung api yang tidak aktif.

Gunung Tertinggi di Jawa

7. Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah gunung api aktif yang punya ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut. Terletak di antara perbatasan Malang dan Mojokerto, gunung ini juga terletak dalam satu barisan yang sama dengan Gunung Kembar 1, Gunung Arjuno, dan Gunung Kembar 2.

Gunung Tertinggi di Jawa

8. Gunung Sindoro

Gunung tertinggi di Jawa yang selanjutnya adalah Gunung Sindoro. Gunung yang terletak di dekat Kota Temanggung, Jawa Tengah ini menjadi gunung api aktif yang cukup dikenal oleh para pendaki dari seluruh dunia. Tingginya yang mencapai 3.150 meter di atas permukaan laut dengan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit membuat gunung ini menjadi favorit untuk para pendaki pemula.

Gunung Tertinggi di Jawa

9. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung api bertipe Strato yang secara administratif berada di wilayah Magelang dan Boyolali. Gunung yang dalam naskah-naskah kuno masa sebelum masuknya Islam ke Indonesia dikenal dengan nama Gunung Damalung ini mempunyai tinggi 3.145 meter di atas permukaan laut.

Gunung Tertinggi di Jawa

10. Gunung Argopuro

Gunung Argapura adalah gunung berapi aktif yang mempunyai tinggi 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah administratif kabupaten Lumajang, Probolinggo, Bodowoso, Jember, dan Situbondo. Sama seperti gunung Merapi, gunung ini juga dikenal dengan punya banyak mitos dan misteri. Konon, puncuk gunung ini menjadi adalah kediaman dari Dewi Rengganis, adik dari Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul.

Gunung Tertinggi di Jawa
Demikianlah daftar gunung tertinggi di Jawa beserta ketinggian dan gambar lengkapnya. Semoga artikel ini dapat membantu tugas sekolah Anda dan bisa memperkaya wawasan Anda tentang hamparan bentang alam di Indonesia.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Gunung Tertinggi di Jawa ? Inilah Keterangan dan Gambarnya Lengkap!