Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Selasa, 12 Januari 2016

10 Contoh Seni Rupa Murni, Gambar, dan Keterangannya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang pengertian seni rupa murni. Di antara Anda mungkin ada yang masih belum paham tentang seperti apa sebenarnya fungsi dan jenis-jenis seni rupa murni itu. Nah, untuk semakin memperjelas pemahaman Anda, di kesempatan kali ini, kita akan membahas 10 contoh seni rupa murni lengkap dengan gambar dan keterangannya baik itu yang berwujud 2 atau 3 dimensi, maupun yang berasal dari daerah di nusantara atau mancanegara. Silakan disimak!

Contoh Seni Rupa Murni

Berbeda dengan seni rupa terapan, seni rupa murni hanya berfokus tentang bagaimana suatu karya yang dihasilkan dapat memiliki nilai estetis yang tinggi, tanpa menghiraukan nilai praktis dan kegunaannya dalam membantu kehidupan manusia. Seni rupa murni sendiri biasanya berfungsi sebagai pajangan saja. Di antara banyak karya yang dihasilkannya, 10 contoh seni rupa murni seperti patung, relief, lukisan, dan lainnya di bawah ini mungkin dapat membuat Anda semakin memahami hakikat sebenarnya dari seni rupa murni.

Contoh Seni Rupa Murni

1. Patung

Patung adalah seni rupa murni 3 dimensi yang merupakan hasil dari ekspresi jiwa yang diungkapkan dalam bentuk visual untuk tujuan estetis. Biasanya,patung diletakan di lobi gedung, di atas meja, taman, atau persimpangan jalan. Adapun wujudnya patung umumnya berupa sosok makhluk mitologiatau makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan manusia.

2. Relief

Reliefadalah seni lukis yang berwujud 3 dimensi namun dituangkan di atas bidang 2 dimensi. Relief dapat ditemukan pada candi, musium, atau tugu peringatan. Biasanya, contoh seni rupa murni satu ini berisi diorama yang mengandung nilai sejarah tertentu.


3. Lukisan

Lukisan adalah contoh seni rupa murni 2 dimensi yang dibuat dengan mengoleskan cat menggunakan kuas atau peralatan lain pada sebuah media kanvas. Lukisan hanya berguna sebagai pengindah dekorasi ruangan. Ia tidak memiliki nilai praktis apapun.

4. Karikatur

Seni karikatur telah mengalami perkembangan yang luar biasa dewasa ini. Seni ini juga merupakan contoh seni rupa murni karena pemanfaatannya hanya sekedar dilihat dari nilai estetikanya saja.

5. Kriya Keramik

Kriya keramik yang menghasilkan karya-karya berupa guci atau piring hias adalah contoh seni rupa murni yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Guci atau keramik tidak mungkin digunakan dalam memudahkan hidup kita. Piring hias misalnya, meski dapat digunakan untuk tempat makan, namun lebih tepat rasanya jika ia hanya digunakan sebagai pajangan.

6. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi adalah contoh karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan. Bentuk-bentuk huruf disusun dan dimodifikasi sehingga terlihat menarik dan mempunyai nilai estetis. Huruf dapat disusun menjadi kaligrafi misalnya huruf Hijaiyah, huruf Jawa, huruf Jepang, dan lain-lain.

7. Mosaik

Mosaik adalah karya seni rupa murni yang dibuat dengan merangkai potongan kecil atau pecahan darikeramik, batu, kulit telur, atau kaca. Mosaik dapat kita temukan di rumah, gereja, atau arsitektur romawi. Meski dibuat secara sederhana, namun jika dilihat dengan seksama, mosaik kadang kali memiliki nilai estetis yang tinggi.

8. Seni Ukir

Seni ukir adalah seni memahat atau mengukir kayu atau batu menjadi suatu bentuk tertentu. Sama halnya seperti seni patung, bentuk ukiran yang dibuat pada umumnya berupa mahluk hidup. Ukiran biasanya menjadi hiasan dalam ruangan atau benda-benda pakai seperti kursi kayu, meja, dipan, lemari, dan lain sebagainya.

9. Fotografi

Seiring kemajuan teknologi kamera, seni fotografi kini kian digemari kaula muda. Mereka menggunakan fotografi sebagai alat untuk berekspresi. Fotografi sendiri telah menjadi bisnis baru. Jasa fotografi untuk moment-moment penting begitu diminati di masa kini.

10. Topeng

Topeng adalah benda seni yang difungsikan sebagai penutup wajah. Topeng memiliki ekspresi-ekspresi tertentu, seperti marah, sedih, kecewa, senang, dan lain sebagainya. Contoh seni rupa murni satu ini dapat dibuat dari kertas karton, plastik fiber, kain, kayu, atau logam.

Demikianlah 10 contoh seni rupa murni yang dapat dibahas di kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membuat Anda semakin memahami hakikat dari pengertian seni rupa. Salam.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 10 Contoh Seni Rupa Murni, Gambar, dan Keterangannya