Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Rabu, 06 Januari 2016

7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Berdasarkan asalnya, seni rupa terapan dibedakan menjadi seni rupa terapan nusantara dan seni rupa terapan modern. Jika seni rupa terapan modern adalah seni rupa yang berasal dan muncul akibat dari perpaduan kebudayaan masa kini, maka seni rupa terapan nusantara adalah seni rupa yang justru murni berasal dari kebudayaan nusantara Indonesia di masa silam. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja contoh karya seni rupa terapan nusantara ini, simaklah pembahasan berikut!

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni rupa terapan nusantara adalah seni rupa terapan yang lahir dari kebudayaan masyarakat nusantara dari masa ke masa. Menyadari bahwa luas negara kita yang begitu besar, maka seni rupa terapan yang dimiki oleh banga ini pun menjadi sangat beragam jenis dan macamnya. Namun, secara umum semuanya terangkum dalam 7 contoh berikut ini.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

1. Rumah Adat

Contoh seni rupa terapan nusantara yang pertama adalah rumah adat. Rumah adat ialah rumah yang arsitekturnya dimiliki dan lahir dari kebudayaan masyarakat adat atau suku-suku yang tersebar di nusantara. Sedikitnya, Indonesia memiliki 35 rumah adat dari masing-masing provinsi yang dimilikinya. Misalnya rumah adat Krong Bade yang berasal dari Aceh, rumah adat Limas dari Sumatera Selatan, rumah Joglo dari DI Jogjakarta, rumah Lamin dari Kalimantan Timur, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui daftar rumah adat di Indonesia, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.


2. Alat Transportasi Tradisional

Alat transportasi tradisional juga merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan nusantara. Selain memiliki nilai estetis, alat transportasi tradisional seperti becak, perahu, delman, dan pedati juga memiliki nilai praktis sebagai sarana mobilitas masyarakat. Perkembangan alat transportasi tradisional secara perlahan telah mengalami pergeseran. Penggunaannya kini terbatas sebagai sarana wisata di tengah semakin maju dan beragamnya moda transportasi modern.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

3. Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang pada masa silam berfungsi sebagai sarana untuk berburu, berperang, bekerja, dan sebagai benda pusaka, juga dianggap sebagai salah satu contoh seni rupa terapan nusantara karena keunikan dan nilai estetis yang milikinya. Beberapa senjata tradisional tersebut antara lain celurit dari Madura, keris dan Jawa Tengah, mandau dari Kalimantan, kujang dari Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

4. Pakaian Adat

Suku-suku di Indonesia memiliki ciri khas pakaian adatnya masing-masing. Pakaian adat ini sebetulnya juga merupakan contoh seni rupa terapan nusantara mengingat bahwa mereka selain memiliki nilai praktis sebagai pemenuhan kebutuhan sandang, juga memiliki nilai estetis dari keindahan yang dimilikinya. Fungsi seni rupa terapan dari pakaian adat dapat dirasakan bagi para penggunanya.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
  • Tenun adalah salah satu teknik pembuatan kain yang merupakan warisan dari nenek moyang Bangsa Indonesia di masa silam. Ada beragam teknik tenun yang bisa digunakan, antara lain tentun sulam, tenun tapis, tenun mesin dan lain sebagainya.
  • Batik adalah kain yang dihias sedemikian rupa menggunakan gambar-gambar tertentu  melalui proses printing atau canting. Batik ada beragam jenisnya, yang paling terkenal misalnya batik pekalongan dan batik solo.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

5. Seni Kriya

Beberapa karya dari seni kriya juga merupakan contoh dari seni rupa terapan nusantara. Seni kriya sendiri adalah seni kerajinan tangan yang menghasilkan barang jadi siap pakai. Bebapa diantaranya antara lain anyaman bambu yang digunakan sebagai dinding rumah, gerabah sebagai perabotan rumah tangga, sepatu dari seni kriya kulit, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh seni rupa terapan nusantara yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga dapat menambah wawasan Anda sekalian. Terima kasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya