Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Senin, 04 Januari 2016

Macam Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujud, Masa, Fungsi, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang cukup dikenal dan diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai karya yang dihasilkan dari seni rupa ini terlihat lebih menarik dibandingkan karya yang dihasilkan dari cabang seni lainnya. Beberapa karya tersebut misalnya, lukisan, kaligrafi, patung, dan mozaik. Adapun berdasarkan pada beberapa hal, seni rupa dibedakan menjadi beberapa macam. Pada artikel ini, kita akan membahas seputar macam macam seni rupa tersebut secara lebih lengkap, agar Anda tidak bingung mengkategorikan suatu karya seni yang Anda temui nantinya.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam macam seni rupa dapat dibedakan berdasarkan wujudnya, masa, dan fungsinya. Berdasarkan wujudnya, karya seni rupa dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, berdasarkan masanya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa kontemporer, seni rupa tradisional, dan seni rupa modern, sedangkan berdasarkan fungsinya, macam macam seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Macam-Macam Seni Rupa

1. Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang wujudnya hanya terdiri dari 2 dimensi, yaitu dimensi panjang dan dimensi lebar. Contoh seni rupa 2 dimensi antara lain lukisan, batik, sketsa, kaligrafi, dan seni ilustrasi. Sedangkan seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang wujudnya terdiri dari 3 dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau kedalaman. Contoh seni rupa 3 dimensi misalnya, patung, dekorasi, bangunan, dan lain sebagainya.


2. Berdasarkan Massanya

Berdasarkan masa atau waktu munculnya, seni rupa dibedakan menjadi 3 macam. Macam macam seni rupa tersebut antara lain:
  1. Seni rupa tradisional adalah seni rupa yang dibuat menggunakan aturan, pakem, atau pola tertentu. Karya seni ini diciptakan secara berulang-ulang menyerupai bentuk aslinya dan tidak boleh diubah apapun alasannya. Oleh karena hal tersebut, macam karya seni rupa yang satu ini bersifat statis. Contohnya antara lain patung dewa, rumah adat, senjata adat, dan pakaian adat.
  2. Seni rupa modern adalah seni rupa yang muncul berdasarkan kreativitas pembuatnya dalam menciptakan sebuah karya yang belum pernah ada sebelumnya. Seni rupa modern mengutamakan prinsip pembaruan. Contoh seni rupa ini antara lain berupa grafis, lukisan, karikatur digital, patung mozaik, dan kriya.
  3. Seni rupa kontemporer adalah karya seni rupa yang kemunculannya sangat dipengaruhi waktu di mana karya seni tersebut dibuat. Seni rupa kontemporer bersifat kekinian. Situasi dan kondisi ketika karya tersebut diciptakan sangat tergambar jelas dari karya seni yang dihasilkan. Daya fantasi, imajinasi, dah harapan pembuatnya merupakan beberapa unsur yang tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitar tempat dan waktu karya seni tersebut dibuat.

3. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, macam macam seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.
  1. Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang dibuat berdasarkan tujuan estetika semata. Pembuatnya menggunakan karya seni rupa ini sebagai ungkapan ide dan gagasannya tanpa batasan apapun. Contoh karya seni rupa ini misalnya lukisan, patung, kaligrafi, dan lain sebagainya.
  2. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang dibuat berdasarkan pada tujuan-tujuan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menggunakan karya seni ini bukan hanya sebagai pengindah, melainkan juga sebagai pembantu dalam aktivitas kita. Contoh karya seni rupa terapan misalnya rumah adat, senjata tradisional, keramik, arsitektur, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam seni rupa, baik berdasarkan wujud, masa, maupun berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Semoga dapat membantu dan silakan dibagikan ke teman-teman Anda yang sekiranya membutuhkan artikel ini. Terimakasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Macam Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujud, Masa, Fungsi, dan Contohnya